Sejarah Pendirian

Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua yang beralamat di Jl.Besar No.77 Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara yang berdiri sejak tahun 1984 (diawali dari Pendidikan Sekolah Perawat Kesehatan, Akademi Keperawatan/Akademi Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) dan beralih bentuk menjadi Institut Kesehatan pada tanggal 10 Mei 2017. Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua merupakan perguruan tinggi bidang kesehatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Rumah Sakit Umum Sembiring Deli Tua, yang saat ini sudah mengelola 5 Fakultas dengan 16 Program Studi.

Fakultas Kedokteran Institut Kesehatan Deli Husada berdiri pada tahun 2023, setelah mendapatkan data bahwa masih rendahnya tenaga kesehatan khususnya dokter di Sumatera Utara maka Institut Kesehatan Deli Husada melakukan persiapan untuk pembukaan Fakultas Kedokteran Institut Kesehatan Deli Husada diawali dengan kunjungan yang dilakukan oleh dir. Kelembagaan yang dilakukan secara langsung pada 11 Mei 2023.

Untuk menindaklanjuti kunjungan yang dilakukan oleh dir. Kelembagaan dan juga sebagai bukti keseriusan Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua pada pembentukan Fakultas Kedokteran, Yayasan Rumah Sakit Umum Sembiring dan Rektor Institut Kesehatan Deli Husada membentuk Tim Taks Force untuk persiapan pendirian Fakultas Kedokteran Institut Kesehatan Deli Husada pada 19 Mei 2023.

Dalam persiapan pendirian Fakultas Kedokteran Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua, Tim Task Force menyusun dokumen studi kelayakan yang selanjutnya ditindaklanjuti membangun kerjasama dengan beberapa rumah sakit yang ada di Sumatera Utara yaitu: 1) Rumah Sakit Umum Sembiring; 2) Rumah Sakit Umum Daerah Djasamen Saragih Pematang Siantar; 3) Rumah Sakit Grand Medistra Lubuk Pakam.

Pada akhir Mei 2023 Kementerian Kesehatan melakukan visitasi ke Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua mengenai kelayakan pembukaan Fakultas Kedokteran di Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua, dan pada Juni 2023 Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara juga melakukan Visitasi kelayakan Pembukaan Fakultas Kedokteran IKDH.

Pada 21 Agustus 2023, Fakultas Kedokteran Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua menerima Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republikk Indonesia Nomor 688/E/O/2023 tentang Izin Pembukaan Program Studi Kedokteran Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi pada Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua di Kabupaten Deli Serdang  yang diselenggarakan oleh Yayasan Rumah Sakit Umum Sembiring Deli Tua. Yang kemudian diserahkan pada tanggal 31 Agustus 2023 oleh dir. Kelembagaan Ditjen Mendikbudristekdikti.

Saat ini Fakultas Kedokteran IKDH telah mengelola 3 Program Studi :
1. Program Studi Teknologi Laboratorim Medis Program Sarjana Terapan (DIV), Terkakreditasi LAM-PTKes ‘’Baik’’
2. Program Studi Kedokteran Program Sarjana (S1) , Terkakreditasi LAM-PTKes ‘’Baik’’
3. Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi, Terkakreditasi LAM-PTKes ‘’Baik’’

Saat ini program studi yang berada dibawah Fakultas Kedokteran Insitut Kesehatan Deli Husada Deli Tua akan terus ditingkatkan baik dari Sumber Daya Manusianya dan juga Sarana Prasarana sehingga sesuai dengan standar pendidikan kedokteran terkhususnya dibidang kedokteran kerja.